Mau Usaha Modal Nol Rupiah? Intip Deretan Bisnis Berikut Ini!

0
100
Sumber : Istimewa
Sumber : Istimewa

BERITASEJABAR.id – Bisnis menjadi salah satu opsi terbaik untuk mencari nafkah. Namun, banyak orang yang terpaku bahwa bisnis membutuhkan modal yang besar. Padahal, beberapa bisnis juga bisa dilakukan dengan modal nol dan tetap bisa menarik untung besar.

Tetapi, perlu digarisbawahi bahwa bisnis modal nol ini bukan berarti tidak mengeluarkan apapun, hanya saja Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan dan mengandalkan apa yang dimiliki. Lantas, apa saja ide usaha tanpa modal yang mudah dijalankan dan banyak pembeli? Temukan jawabannya sampai titik terakhir, ya!

  1. Penulis Lepas

Menjadi seorang freelancer adalah salah satu bisnis yang bagus dan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Apabila Anda memiliki bakat dalam bidang tulis-menulis, mungkin bisa pertimbangkan menjadi penulis lepas. Anda bisa menjual artikel dengan range harga yang lumayan mahal.

Untuk bisa melakukannya, pastikan memiliki laptop/PC dan koneksi internet. Kabar baiknya, internet yang digunakan untuk modal menulis ini tidak banyak, cukup untuk browsing saja.

2. Jasa Foto

Sama seperti penulis lepas, perbedaannya adalah di sini Anda membutuhkan skill memotret yang apik. Apabila Anda memiliki skill tadi, mungkin Anda bisa tawarkan jasa foto ke beberapa toko online.

Pasalnya, kini banyak bisnis online yang membutuhkan jasa foto produk dengan bayaran yang cukup menarik lho. Namun, pastikan Anda memiliki kamera dan punya skill di bidang editing foto juga, ya.

3. Dropshipper Online Shop

Tidak jago soal menulis dan foto? Tenang saja, masih ada satu bisnis lain yang bisa dijalankan tanpa modal, yaitu menjadi dropshipper. Di sini Anda hanya perlu menawarkan barang dari toko online. Apabila sudah mendapatkan pelanggan maka yang akan memproses barangnya adalah pihak toko online. Jadi, Anda hanya perlu melakukan promosi saja.

Untuk melakukan promosi, Anda bisa manfaatkan sosial media dan e-commerce. Dan, salah satu e-commerce terbaik di Indonesia adalah Blibli. Dengan Blibli, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan, mulai dari gratis ongkir, bonus, hingga bebas deposit.

Selain itu, layanan Blibli juga terpercaya. Jadi, apabila Anda ingin mulai mempromosikan barang dagangan, bisa langsung kunjungi Blibli. Tidak perlu khawatir ribet karena cara membuka toko online di Blibli sangat mudah lho!

4. Influencer

Masih dengan ide bisnis tanpa modal, alias hanya butuh internet, kreativitas, serta percaya diri yang tinggi, yaitu dengan menjadi influencer. Maksud dari influencer sendiri tidak melulu soal YouTuber atau selebgram saja, Anda bisa melakukannya di berbagai platform selama Anda bisa meng-influence para followers.

Beberapa influencer yang bisa dijalankan adalah, YouTuber, selebtok, selebgram, selebtwit, atau pun blogger. Anda bisa pilih salah satu platform tadi dan buatlah konten semenarik mungkin. Apabila engagement naik maka Anda bisa menawarkan jasa endorsement ke berbagai klien. Semakin besar engagement maka semakin besar pula bayarannya.

5. Guru Les Privat

Satu lagi bisnis yang menjanjikan tanpa modal, yaitu menjadi guru les privat. Dewasa ini banyak orang tua yang mencari guru untuk pelajaran tambahan anak-anak mereka. Pelajaran tambahannya beragam, mulai dari pelajaran sekolah, atau pelajaran di luar sekolah, seperti piano, biola, menggambar, renang, dan lainnya.

Nah, jika Anda ahli dalam salah satu bidang tertentu, silakan buka jasa les privat. Anda hanya membutuhkan internet (apabila mengajar online) atau modal transportasi (apabila harus mengajar secara offline).

Banyak ide usaha tanpa perlu mengeluarkan modal, dan kelima ide di atas bisa Anda lakukan dengan mudah. Nah, dari semua ide tersebut, kira-kira mana yang akan Anda jalankan? Atau, punya ide lainnya? Yuk, beritahu kami dan pembaca lain di kolom komentar! (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here