Pemkot Depok Terus Tambah Ruang Terbuka Publik

0
56

BERITASEJABAR.id –Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya menambah ruang terbuka publik yang nyaman untuk masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan yakni berkolaborasi dengan unsur Pentahelix dan mengajak partisipasi masyarakat untuk melakukan kerja sama dalam bidang pembiayaan.

“Sebab, sesuai dengan arahan Pak Gubernur juga demikian, bahwa sumber daripada pembangunan apapun yang kita lakukan di kota kita itu tidak hanya bersumber dari akademisi,” kata Wali Kota Depok Mohammad Idris, dalam salah satu acara di TVRI Jawa Barat, dipantau Rabu (27/12/2023).

“Tetapi juga bisa dari CSR dan sumber-sumber anggaran yang lainnya yang sah dan sesuai dengan kebutuhan,” sambungnya.

Sebelumnya, tutur Idris, Pemkot Depok sudah membangun taman-taman kelurahan di setiap wilayah, begitu juga sebagian taman tingkat RW untuk memenuhi ruang publik yang ada di Kota Depok.

“Jadi sudah 63 kelurahan taman-taman yang kita bangun, dengan luasannya antara 500 sampai 1.000, ada juga yang 1.500 meter persegi,” sebutnya.

Lalu, untuk tingkat kota dalam level yang lebih besar, Kota Depok sudah memiliki dua ruang publik, seperti di Kecamatan Pancoran Mas (Panmas) ada Taman Lembah Gurame dan Taman Alun-alun Kota yang ada di bagian timur Kota Depok, tepatnya di kawasan Grand Depok City (GDC), Kecamatan Cilodong.

Kemudian, tahun ini ditargetkan Taman Alun-alun dan Hutan Kota Depok bagian barat selesai dibangun.

“InsyaAllah selesai pembangunan Taman Alun-Alun dan Hutan Kota yang ada di sebelah barat Kota Depok,” ujarnya.

“Ke depan kita juga akan meninggalkan dan mencari lahan untuk wilayah selatan dan utamanya utara untuk pembangunan taman alun-alun serupa, seperti itu, ini langkah-langkah strategis kita,” jelas Kiai Idris.

Selain itu, Pemkot Depok sudah memikirkan aspek keamanan untuk mendukung Depok Open Space sebagai ruang terbuka publik bagi masyarakat.

“Pengamanan ini memang sudah kita pikirkan sebelumnya, utamanya untuk Depok Open Space yang memang di depan Balai Kota,” ujar Idris.

Menurut dia, tahun depan pihaknya akan menambah pembangunan pembatas pagar untuk ruang fasilitas pemerintah agar terpisah dengan Depok Open Space.

“Jadi tahun depan kita ada pembangunan pembatas pagar untuk ruang fasilitas pemerintah yang berpisah dengan Depok Open Space,” ujarnya.

Sedangkan untuk keamanan di taman-taman tiap kelurahan, pihaknya sudah menempatkan petugas-petugas, pegawai-pegawai non-PNS (Pegawai Negeri Sipil) untuk merawat, memelihara, dan juga bagian keamanan dari warga setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here