Ketua IJP Kabupaten Bandung Agus Supriadi Tegaskan Begitu Pentingnya Peranan Wartawan Dalam Pemerintahan

0
63

BERITAS3JABAR.id — Peran wartawan Begitu sangat penting dalam pemerintahan, baik di tingkat kabupaten, kota, maupun pemerintahan desa, sangat penting dan strategis dalam menjaga keberlangsungan demokrasi, transparansi, serta akuntabilitas pemerintahan.

Ketua DPC IJP Kabupaten Bandung, Agus Supriadi Mengatakan, Peran wartawan dalam konteks pemerintahan, Harus menjalankan tugas fungsi sebagaimana mestinya.

Dalam hal Mengawasi Kinerja Pemerintah dikatakan Agus, Wartawan memiliki peran sebagai pengawal kebijakan dan tindakan pemerintah. Melalui pemberitaan dan investigasi yang kritis, wartawan dapat menjadi kontrol sosial, “Memeriksa dan memberikan sorotan terhadap kinerja pemerintah dan mengungkapkan ketidakpatuhan, korupsi, serta penyimpangan yang terjadi dalam penyaluran program-program pemerintahan

“Wartawan dapat Memberikan Informasi yang Akurat dan bertugas sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya bagi masyarakat” Katanya Selasa (04/06/2024).

berperan dalam hal menyampaikan berita, data, dan informasi yang akurat, serta jelas. Mengenai Program, dan kegiatan pemerintahan baik di tingkat kabupaten, kota, maupun desa. Sambungnya

“Wartawan harus bisa Menyuarakan Aspirasi Masyarakat, Karena menurunya, Wartawan berperan sebagai penyambung lidah atau perwakilan suara masyarakat.
Saat mereka menyuarakan aspirasi, kebutuhan, serta keluhan, terhadap pemerintah, untuk memperjuangkan hak-haknya serta kita sebagai wartwan harus menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah dan rakyat” Ujarnya.

Agus Menjelaskan, sebagai wartawan harus bisa Mendorong Transparansi dan Akuntabilitas, memainkan peran kunci dalam mendorong transparansi dan akuntabilitas pemerintah. Melalui liputan yang transparan, tajam, dan independen, wartawan dapat memastikan bahwa kebijakan pemerintah dipertanggungjawabkan secara publik dan terbuka bagi kritik serta evaluasi. Jelasnya

Selain itu tambah Agus,  Kita mempunyai peran memiliki peran dalam mengedukasi masyarakat tentang kebijakan, hukum, proses politik, serta isu-isu penting lainnya. Dan kita harus membantu menyadarkan masyarakat akan hak-hak, kewajiban, serta tanggung jawab dalam memperjuangkan keadilan, kebebasan, dan kesejahteraan bersama.

Maka dengan peran tersebut, wartawan menjadi penjaga demokrasi, penjaga kebenaran, serta penjaga keadilan dalam menjembatani hubungan antara pemerintah, masyarakat, dan kepentingan bersama.

Kolaborasi yang baik antara wartawan, pemerintah, dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan dalam menciptakan pemerintahan yang transparan, responsif, serta berorientasi pada kebutuhan dan kepentingan masyarakat. Ungkapnya.

Red./Ajunaedi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here