BERITASEJABAR.ID- Bandung, Pendidikan Doktoral Pendidikan Masyarakat (PENMAS) Fakultas Ilmu Pendidikan UPI angkatan 2024 gelar Pelatihan Deep Learning untuk Personalisasi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Kesetaraan pada Tanggal 15 – 17 Mei 2025 di Kampus UPI, hadir Dr. Sardin, M.Si selaku mewakili Dekan FIP UPI, Hadir Ketua Prodi Penmas DR. Yanti Shantini, M.Pd, Sekretaris Penmas UPI DR Dadang Yunus, M.Pd, Dosen Penmas Dr. Asep Saepudin,M.Pd, Serta Publik Pigur Narasumber Sahrul Gunawan, SE, M.Ag. Hj. Rini Nurlaela, M.Pd HRS Development dan para peserta pelatihan dari unsur Akademik, Dosen, Praktisi PIAUD, PKBM dan LKP, Mahasiswa dan umum.
Imam Syafei, M.Pd selaku ketua Panitia menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka peringatan hari pendidikan nasional dengan menggelar Pelatihan Deep Learning Untuk Personalisasi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Kesetaraan, kegiatan ini merupakan tugas Mata Kuliah Study Komperasi Pelatihan yang ditugas kan oleh Dosen Mata Kuliah di Pascasarjana UPI, Kami berharap kegiatan ini menjadi semangat para pendidik untuk meningkatkan kualitas guru, siswa dan lingkungan sekolah untuk pendidikan yang bermutu, Kita ucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak dan permohonan maaf apabila ada yang kurang berkenan, tentu saran dan masukan dari semua kami nantikan untuk perbaikan dan evaluasi kedepan untuk kegiatan pelatihan, ujar Imam.
Dr. Yanti Shantini, M.Pd selaku ketua Prodi Penmas menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan penguatan kompetensi Guru, pada pendidikan pelayanan pendidikan non formal. Kami berharap mahasiswa Penmas tidak hanya belajar teori namun mampu menyelenggarakan praktek keilmuan di lapangan, kedepan kegiatan ini akan menjadi progran berkelanjutan, kolaborasi mahasiswa, dosen dan guru dilapangan akan sangat penting untuk membangun pendidikan inklusif dan sesuai kebutuhan yang nyata, ujar Yanti dengan didampingi sekjur Prodi Dr. Dadang Yunus, M.Pd.
Sahrul Gunawan, S.E, M.Ag hadir menjadi Narasumber Keynote Speak menyampaikan bahwa pentingnya pendekatan Deep Learning pada pendidikan anak usia dini, pendidikan ini harus mencakup tiga pilar, Mindful Learning, Meaningful Learning, dan Joyful Learning, Sahrul optimis guru dapat menciptakan suasana belajar yang membuat anak terus ingin belajar, Ujar Sahrul
Dr. Asep Saepudin, M.Pd selaku dosen penmas dan narasumber menyampaikan bahwa strategi belajar berbasis deep learning, melihat banyak nya antusias peserta menunjukkan dibutuhkannya pendekatan deep learning, peserta dapat merespon cepat materi deep learning artinya mereka siap menerapkan dalam pembelajaran dilapangan, Ujar Dr. Asep.
Secara Kompak dalam penyelenggaraan kegiatan ini, atas kerja panitia mahasiswa Pascasarjana Penmas Angkatan 2024 yaitu Agus Ramdani,M.Pd, Rahmat Fahmi, M.Pd, Kartika Ayu Ningsih, M.Pd, Fatmawati Gaffar, M.Pd, Indra Zultiar, M.Pd, Zia Zalzilah Mazfufah, MPd, Ade Romi Rosmia, M.Pd, Permata Citra H Manik, M.Pd, Hj.Reni Nurlaela, M.Pd, Imam Syafei, M.Pd, Dan Ferdinan Sihombing, M.Kep. *red