Telah Terjadi Bentrokan Antara Ormas Pemuda Pancasila Dengan Ormas Sapu Jagat Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur.

0
45

BERITASEJABAR.id  – Pada hari kamis tanggal 29/8/24,sekitar jam 16:00 WIB bertempat di wilayah kecamatan Ciranjang kabupaten Cianjur,telah terjadi bentrok antara Ormas Pemuda Pancasila korwil Ciranjang dengan Ormas Sapu Jagat korwil Haurwangi.

Adapun kronologis kejadian,pada hari kamis 29/8/24,sekitar jam 15.00 WIB bertempat di jalan raya Cipeuyeum samping rel kereta api Desa Cipeuyeum kecamatan Haurwangi kabupaten Cianjur,telah terjadi penarikan satu unit motor Yamaha N-Max oleh Debt Colektor,selanjutnya pemilik sepeda motor mengadukan permasalahan tersebut kepada Anggi ( Anggota Ormas PP kecamatan Ciranjang ).

Sekitar jam 21:00 WIB,Anggi menggunakan mobil operasional Ormas PP bersama rekan – rekannya sebanyak 7 orang,bermaksud untuk mediasi/koordinasi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.Begitu sampai di lokasi mobil operasional Ormas PP di rusak oleh oknum Ormas Sapu Jagat dan 4 orang anggota PP luka – luka terkena senjata tajam dan benda tumpul.

Kemudian pada hari jum’at 30/8/24,sekitar jam 9:30 WIB,Ormas PP mendatangi lokasi sekitar jalan raya Cipeuyeum tempat pencarian unit sepeda motor dengan maksud untuk mencari keberadaan Debt Colektor tersebut,namun tidak ada orang sehingga teriak – teriak dan Ormas PP beranggapan bahwa salah satu debt Colektor merupakan bagian dari Ormas Sapu Jagat,karna tidak ada orang sekitar jam 11:45 WIB Ormas PP membubarkan diri.

Sekitar jam 13:00 WIB,terjadi pelemparan oleh orang yang tidak di kenal terhadap posko PP yang berlokasi di jalan Bandung – Cianjur kampung Leuweung Lame.Menurut anggota PP pelaku pelemparan tersebut merupakan Ormas Sapu Jagat.

Sekitar jam 16:00 WIB,terjadi penyerangan oleh Ormas Sapu Jagat kurang lebih 12 orang terhadap Ormas PP di Leuweung Lame Rt.01/01 desa Kertajaya kecamatan Ciranjang kabupaten Cianjur.

Yang mengakibatkan 2 orang Ormas PP terkena sabetan senjata tajam dan 2 orang Ormas sapu jagat ,Agung luka parah di bagian kepala terkena pukulan benda tumpul selanjutnya di bawa ke RS terdekat.

Kemudian pada jam 17:25 WIB tiba personil pengamanan dari koramil Ciranjang dan Polres Cianjur,di lokasi terjadinya penyerangan di Leuweung Lame Rt.01/01 desa Kertajaya kecamatan Ciranjang kabupaten Cianjur.Dan di laksanakan mediasi sepihak terhadap saudara Deni Mulyadi Alias Deni Edun ketua PAC PP kecamatan Ciranjang,Anggota DPRD kabupaten Cianjur.Hadir juga Danramil Bojongpicung,Kapolsek Ciranjang.

Adapun hasil klaripikasi mediasi sepihak adalah akan di laksanakan mediasi di Polres Cianjur dengan menghadirkan para tetua dari Ormas PP dan Ormas Sapu Jagat.

Adapun identitas korban sebagai berikut :
A. Dari Ormas Sapu Jagat.
1. Ragil Riadul Ramdani
Umur : 31 Tahun
Alamat :Desa Cipurut Rt.02/05 kecamatan Cireunghas kabupaten Sukabumi luka sedang akibat benda tumpul dan tajam.
2. Agung Slamet Riyadi
Umur : 35 Tahun
Alamat : Desa Sukasari Rt.02/07 kecamatan Ciranjang kabupaten Cianjur luka sedang akibat benda tumpul dan tajam.

B. Dari Ormas Pemuda Pancasila.
1. Dede Kustiwa
Umur : 59 Tahun
Alamat : Desa Sukamanah kecamatan Cugenang kabupaten Cianjur luka sedang akibat benda tajam
2. E.Koswara Bin Kosim
Umur : 61 Tahun
Alamat : Tarukolot Rt.01/06 Desa Sukamanah kecamatan Cugenang kabupaten Cianjur luka sedang akibat benda tajam.

Kerugian :
1. Korban jiwa nihil ( 4 orang terluka akibat benda tajam dan tumpul )
2. Materil 4 unit kendaraan roda dua rusak.

Situasi saat ini anggota Ormas PP sudah membubarkan diri atas perintah ketua Ormas PP PAC Ciranjang dan Ormas Sapu Jagat juga sudah membubarkan diri yang sebelumnya kumpul di Rest Area Haurwangi.

Perlu segera di selesaikan terkait permasalahan tersebut di karenakan rencana pada malam minggu akan di adakan pagelaran wayang golek yang di adakan di alun – alun Ciranjang sehingga di hawatirkan terjadinya konflik kembali,dikarenakan sebelumnya juga sudah beberapa kali terjadi bentrokan perebutan lahan parkir antara Ormas Pemuda Pancasila dan Ormas Sapu Jagat.

Narasumber : Camat Ciranjang H.Ejen Jenal Mutakin di tujukan kepada Bupati Cianjur.

Reporter : Ajunaedi Beritasejabar.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here